LAZ Rabbani

Kolaborasi Dengan Dinsos, LAZ Rabbani Kembali Salurkan Bantuan Program RTLH

LAZ Rabbani bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor, kembali menyalurkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Bantuan diserahkan secara simbolis di Aula Kawung, Dinsos Kabupaten Bogor, Selasa (16/5/2023). Sebanyak enam warga di empat kecamatan mendapat bantuan program RTLH tersebut.

Mereka adalah, Aman Bentar dan Ahmad Mahpudin, warga Kampung Jampang, Gang Masjid RT/RW 005/006, Kecamatan Kemang.

Kemudian, Marsan, warga Warujaya RT/RW 002/007 Kecamatan Parung. Nining Komala yang juga warga Warujaya 006/004 Parung.

Selanjutnya, Cecep Ahmad R, warga Cikaret RT/RW 003/007, Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong. Dan terakhir, Nanang, warga Neglasari RT/RW 004/004, Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong.

Masing-masing warga mendapatkan bantuan program RTLH dari LAZ Rabbani sebesar Rp25 juta. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan bantuan biaya hidup selama setahun dari zakat, yang besarannya Bervariatif tergantung kondisi si penerima.

Wakil Ketua LAZ Rabbani Gatot, mengatakan, kegiatan program bantuan RTLH itu merupakan kolaborasi antara LAZ Rabbani dengan Dinsos.

“Dinas ini kan punya keterbatasan, jadi kita berkolaborasi dengan dinas, mana rumah-rumah warga yang sekiranya bisa kita bantu,” tutur Gatot usai penyerahan bantuan program RTLH.

Menurutnya, bantuan yang diberikan hanya untuk merenovasi rumah, dengan budget masing-masing sebesar Rp25 juta. “Jadi kita samaratakan besarannya segitu,’ ujarnya.

Bantuan Rp25 juta lanjutnya, hanya dana awal untuk renovasi rumah. Setelah berjalan sering ada bantuan dari pihak lain.

“Biasanya suka ada bantuan dari keluarga atau saudara-saudara jauh mereka, dari desa ada anggaran ikut bantu juga, jadi semua ikut merasa bertanggung jawab karena yang dibantu betul-betul orang susah,” paparnya.

Agar bantuan Rp25 juta tidak terpakai untuk kebutuhan hidup, pihaknya memberikan santunan dari zakat selama setahun.

“Tapi kita verifikasi dulu, kebutuhan hidup mereka selama setahun berapa, pendapatan mereka berapa, jadi besaran santunannya masing-masing berbeda tergantung hasil verifikasi,” jelasnya.

Selain santunan untuk kebutuhan hidup selama setahun, tak menutup kemungkinan pihaknya juga membantu pembayaran hutang bagi penerima manfaat.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Mustakim menyampaikan terima kasih kepada LAZ Rabbani yang sudah membantu biaya renovasi RTLH bagi warga yang membutuhkan.

“Kita sama-sama berharap semoga kolaborasi ini bisa terus terjalin, dan semakin banyak warga yang terbantu lewat program renovasi RTLH ini,” ungkapnya.

Sumber : www.radarbogor.id

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konsultasi gratis
1
💬 Konsultasi zakat
LAZ Rabbani
Bismillah
Butuh konsultasi zakat?